Share

Bupati Suyoto Motivasi Pelajar SMAN 1 Baureno

Bojonegoro, 6/3 – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, didampingi Sekretaris Komisi B, DPRD setempat, Lasuri, memberikan motivasi kepada keluarga besar SMAN 1 Baureno.

“Semua kita punya mimpi dan keinginan, sukses adalah mampu meraih cita cita yang ingin diwujudkan,” kata Suyoto mengawali sambutannya.

Pria berkacamata minus ini menceritakan bagaimana dulu memiliki cita-cita menjadi sopir bis kemudian beralih ingin bertransmigrasi. Hal inilah yang harus dipahami apa keinginan hidup mereka, apakah keinginan itu datang dari kesadaran.

“Sukses dalam pandangan yang sederhana bahwa sukses adalah punya uang, punya kedudukan dan kehormatan, dan mendapatkan cinta. Padahal sukses jauh lebih dari itu,” ujarnya.

Dari seorang anak desa yang miskin tak pernah sekalipun Kang Yoto, sapaan akrab Bupati, bermimpi bisa menjelajah  di beberapa negara seperti Vatikan, Amerika, Belanda, Inggris, dan Afrika.

“Buat orang lain Kang Yoto termasuk orang yang sukses. Kita semua  jangan terjebak bahwa sukses itu seperti Kang Yoto,” tukasnya.

Karena itu Bupati mengharamkan sebuah pertanyaan “apa cita-citamu”. Banyak yang mempunyai cita cita namun tak didukung oleh kemampuan dan realita. Keinginan harus datang dari kesadaran, dan dengan kesadaran akan menuntun  untuk bisa meraih cita- cita.

Dia memberikan contoh Rosulullah yang mengajarkan  bahwa orang yang sukses adalah orang yang memberi manfaat bukan panjang pendeknya sebuah gelar. Terakhir Bupati mengingatkan tentang cinta.

“Ketika cinta kita tulus maka kita akan berjuang dengan sekuat tenaga , memberikan yang terbaik untuk orang yang kita cintai,” pungkasnya. (*dwi/mcb)

Leave a Comment