Share

Cara Sederhana Mendeteksi Telur Wereng Coklat

Caranya adalah dengan meraba batang padi, kalau ada terasa nggrenjel, itu adalah telur wereng coklat

Bojonegoro (Media Center) – Dalam kunjungannya ke Bojonegoro, Tim Proteksi Tanaman dari Institut Pertanian Bogor (IPB), juga sempat mengajarkan cara sederhana mendeteksi serangan wereng batang coklat pada tanaman padi.

“Caranya adalah dengan meraba batang padi, kalau ada terasa nggrenjel, itu adalah telur wereng coklat,” terang Dr Suryo Wiyono. Menurut Suryo, pada usia muda, telur wereng coklat berwarna bening sehingga tidak dapat terlihat mata.

“Caranya ya diraba pakai jari, kalau sudah agak matang telurnya berwarna kecoklatan,” terangnya. Tim IPB sendiri, sebelum memberikan penyuluhan pada para petani di Balai Desa Bendo Kecamatan Kapas, juga sempat melakukan pegambilan sampel batang padi di desa setempat.

“Kita sudah ambil sampel, dengan cepat kita sudah bisa tahu hasilnya. Saat mengambil sampel tadi kita juga menggunakan tekhnik meraba,” jelasnya. Dari lokasi yang sama, tim IPB berhasil menemukan populasi telur wereng coklat di Desa Bendo.

Di lokasi yang sama, tim IPB mengambil lima sampel di lima petak yang ternyata disemprot menggunakan racun yang berbeda. Hasilnya, semua lahan pertanian yang disemprot menggunakan pestisida justru didapati popoulasi telur wereng coklat.

Dari data yang diperoleh dari Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Desa Bendo sendiri termasuk wilayah endemik wereng coklat. “Pada tahun 2010 lalu, sebanyak 19ribu hektar lahan pertanian gagal total akibat serangan wereng. Dan desa Bendo ini salah satu wilayah endemiknya,” jelas Rahmad Hariyanto selaku Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Disperta Bojonegoro. (ramcb)

Leave a Comment