Share

Cegah Corona, Disbudpar Bojonegoro Terapkan Sapta Pesona di Objek Wisata

Bojonegoro, Media Center – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro menyampaikan tidak ada objek wisata di wilayahnya yang ditutup untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Sementara ini belum ada petunjuk penutupan. Karena sifatnya pelayanan umum, yang datang tetap kami layani,” ujar Sekretaris Disbudpar Bojonegoro, Budiyanto kepada kanalbojonegoro, Selasa (17/3/2020).

Virus Covid-19 atau Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Penyakit infeksi ini berasal dari Wuhan Tiongkok. Virus ini ditandai dengan Demam 38 Derajat Celsius, Batuk, Pilek, Sakit tenggerokan, Lemah Lesu dan Sesak Nafas.

Namun demikian, pihaknya telah menyiapkan antisipasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Baik di objek wisata yang dikelolanya, maupun oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Yakni dengan menyiapkan tempat cuci tangan.

“Iya jelas dibutuhkan cuci tangan/sanitizer. Sudah kita imbau pengelola wisata menyiapkan itu semua,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, dalam pelayanan di tempat wisata di Bojonegori tetap berpedoman Wawasan Sapta Pesona. Yakni meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan.

“Semua wisata di sini harus berpedoman itu,” tegasnya.

Sejumlah objek wisata di Bojonegoro yang ramai didatangi wisatawan pad hari libur diantaranya Dander Water Park di Desa Dander, Kecamatan Dander; Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem; dan Waduk Pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang.

Kemudian wisata Atas Angin Bukit Cinta di Desa Deling, Kecamatan Sekar; Agrowisata Belimbing di Desa Ringinrejo; Kecamatan Kalitidu; Jambu Kristal di Desa Padang, Kecamatan Trucuk; Taman Pinggir Nggawan (TPG) di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen; dan wisata buatan Gofun di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

“Sudah kita sediakan. untuk antisepticnya di pintu masuk,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ringinrejo, Priyo Sulistiyo

Selain itu pihaknya juga sudah mengimbau kepada para pedagang di Agrowisata Belimbing untuk mempersiapkan tempat cuci tangan di lapaknya masing masing.(Dwi)

Leave a Comment