Share

Dalang Cilik Bojonegoro Masuk Nominasi Festival Dalang

Bojonegoro, 28/7 (Media Center) – Dalang cilik asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Tegar Haryo Seno (10), masuk lima besar non rangking festival dalang cilik se-Jawa Timur, yang digelar di Surabaya, Rabu (27/7).

“Saya sempat memprotes panitia, sebab sound system sempat mati ketika wakil Bojonegoro tampil,” kata Pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro Suyanto, di Bojonegoro, Kamis (28/7).

Namun, kemudian Haryo Seno bisa melanjutkan pergelaran wayang kulit dengan lakon “Wahyu Cakraningkrat”, dengan apik. Ia mampu masuk lima terbaik non rangking dari 25 peserta festival dalang cilik Se-Jawa Timur.

Petugas Pariwisata Disbudpar Bojongoro Wahyu menambahkan Tegar Haryo Seno merupakan salah satu aset dalang cilik yang berpotensi di daerahnya.

“Perkembangan kesenian pedalangan di Bojonegoro cukup bagus, sebab disbudpar secara periodik selalu menampilkan pergelaran wayang kulit, thengul, juga wayang lainnya,” ucapnya.

Seperti diunggah di situs Dinas Pendidikan Jawa Timur, menurut Kasi Kesenian dan Olahraga Damaris Padmiasih bahwa lomba dalang cilik merupakan sebuah pembinaan dalam memberikan suntikan semangat bagi para dalang cilik maupun dalang remaja.

Diharapkan festival mampu mendorong para dalang cilik dan dalang remaja untuk meningkatkan prestasinya baik diajang festival dalang tingkat provinsi maupun nasional.

“Membangkitkan kesenian pedalangan dengan melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap anak-anak yang punya potensi dibidang seni dalang ini sangat diperlukan,” katanya menegaskan. (*/mcb)

Leave a Comment