Share

Damkar Bojonegoro Kerahkan Empat Mobil Padamkan Kebakaran

Bojonegorom, 19/8 (Media Center) – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran sebuah rumah di Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan, Sabtu (19/8/2017).

Kepala Bidang Pemadaman Dinas Damkar Pemkab Bojonegoro Sukirno, melaporkan kejadian kebakaran sebuah rumah milik Agus Surprianto (41), milik di Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan, diterima petugas sekitar pukul 03.00 WIB.

“Tapi kebakaran terjadi sejak pukul 02.30 WIB,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, empat armada yang datang ke lokasi kejadian kebakaran, di antaranya, dua unit dari posko BPBD Kecamatan Padanan dan satu unit dari posko BPBD Kecamatan Kota.

Selain itu, sebuah mobil pemadam kebakaran dilengkapi sejumlah personel pemadam kebakaran dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, juga ikut membantu memadamkan kebakaran rumah di jalan raya Bojonegoro-Cepu, Jawa Tengah itu.

“Sekitar 2 jam kemudian api berhasil dipadamkan,” kata dia.

Sesuai penjelasan pemilik rumah, kata dia, diperkirakan penyebab kebakaran dari hubungan arus pendek listrik.

“Besarnya kerugian kebakaran sekitar Rp100 juta, karena sebagian rumah habis terbakar,” ucapnya menambahkan.

Data pada Dinas Damkar Bojonegoro menyebutkan sejak 1 Januari telah terjadi 36 kali kejadian kebakaran di sejumlah desa di 27 kecamatan, mulai kebakaran rumah, pasar, kios, juga bangunan lainnya, serta hutan dan lahan dengan total kerugian mencapai Rp1,8 miliar.

Dalam kemarau ini sudah lebih dari lima kali kejadian kebakaran hutan. Pemadaman dilakukan dengan mengerahkan mobil tangki pemadam kebakaran, dengan dibantu petugas Perhutani, juga polisi dan TNI bersama masyarakat.

Besarnya kerugian kebakaran tahun ini melampaui kebakaran pada 2016 yang hanya Rp1,7 miliar dalam 48 kejadian kebakaran. (*/mcb)

Leave a Comment