Share

Dari Nge trail Hingga Replika Kebun Pangan di Rumah Dinas

Bahkan, Kang Yoto akan secara khusus memberi ruangan di rumah dinasnya untuk menanam pisang raja nangka tersebut. Sudah menjadi kebiasaan Kang Yoto saat mendapat kunjungan di rumah dinas, dirinya selalu menjelaskan dan mempromosikan aneka tanaman yang ada disitu

Bojonegoro (Media Center) – Hobby ngetrail (mengendarai motor trail) Kang Yoto (panggilan akrab Bupati Bojonegoro Jawa Timur, Drs H Suyoto MSi), ternyata bukanlah sekedar hobby. Banyak hal yang akhirnya mendatangkan inovasi kebijakan yang didapatkan Kang Yoto dari kegemarannya tersebut.

Salah satunya adalah saat Kang Yoto ngetrail di wilayah hutan Tretes yang ada di Kecamatan Gondang. “Saya oleh warga setempat disuguhi aneka pisang, dan ada satu jenis pisang yang paling akhir dikeluarkan,” kata Kang Yoto.

Pisang terakhir yang dikeluarkan itu memang terlihat tidak semenarik pisang-pisang lainnya. “Ini pisangnya jelek kang, orang sini tidak suka, tidak laku dijual,” ujar Kang Yoto menirukan jawaban warga saat bertanya kenapa pisang tersebut disuguhkan terakhir.

Padahal menurut Kang Yoto, pisang yang disebut jelek itu, mempunyai keunikan dan keunggulan dibanding pisang-pisang lainnya. “Saat dibuka, aromanya semerbak harum khas nangka, ini pisang raja nangka,” tambahnya.

Kang Yoto kemudian memberi motivasi pada warga kawasan hutan tersebut untuk semangat membudidayakan pisang jenis itu. “Dengan membantu mereka untuk memperkenalkan pisang itu ke publik, saya yakin akan jadi komoditas unggulan,” tambahnya.

Bahkan, Kang Yoto akan secara khusus memberi ruangan di rumah dinasnya untuk menanam pisang raja nangka tersebut. Sudah menjadi kebiasaan Kang Yoto saat mendapat kunjungan di rumah dinas, dirinya selalu menjelaskan dan mempromosikan aneka tanaman yang ada disitu.

Tercatat ada tanaman jambu merah dan jambu crystal, padi tahan banjir, belimbing, serta rencananya bakal ditanami pisang raja nangka khas Gondang. (*/mcb)

Leave a Comment