Share

Delapan Rumah Warga Tergenang Banjir Bandang

Bojonegoro, 8/3 (Media Center) – Hujan deras yang turun selama sehari, Rabu (7/3) kemarin, membuat anak sungai di Dusun Krajan, Desa Sekar, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, meluap dan mengakibatkan delapan rumah warga  tergenang air.

“Ada delapan rumah yang masih tergenang air hingga mata kaki orang dewasa,” kata Wandi (30), warga setempat.

Menurutnya, banjir seperti ini sudah terjadi selama puluhan tahun jika musim penghujan tiba. Air dari anak sungai setempat meluap dan mengakibatkan banjir bandang di dusun setempat. Tidak ada yang bisa dilakukan warga selain menunggu air surut dan bantuan dari Pemkab Bojonegoro.

“Pemdes sudah mendata korban banjir, biasanya setelah ini dapat bantuan dari BPBD berupa sembako,” tukasnya.

Berdasarkan Surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang , Nomor : KT.304/027/KLMG/II/2018 memperkirakan bulan Maret Curah Hujan di daerah kabupaten Bojonegoro 301 – 400 mm dengan curah hujan di atas normal 116 – 150 %.

“Artinya , pada bulan Maret 2018 sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan dengan intensitas lebat selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan,” kata Plt BPBD, Andik Sudjarwo secara terpisah. (*dwi/mcb)

Leave a Comment