Share

Diawali Hari Ini, 663 Bakal Calon Kepala Desa di Bojonegoro Deklarasi Damai

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 663 bakal calon (Balon) kepala desa dari 233 desa yang tersebar di 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, mengikuti deklarasi damai pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2020.

Deklarasi damai diawali di Pendapa Kecamatan Padangan, Rabu (15/1/2020). Diikuti 147 balon kades dari lima kecamatan yakni Padangan, Kasiman, Kedewan, Ngraho dan Purwosari.

Rinciannya, di Kecamatan Padangan sebanyak 41 balon, Kasiman 34 balon, Kedewan 10 balon, Ngraho 29 balon, dan Purwosari 33 balon.

Dilanjutkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gayam, Kecamatan Gayam. Diikuti 150 balon dari delapan kecamatan yakni Gayam, Kalitidu, Ngasem, Ngambon, Tambakrejo, Margomulyo, Malo dan Trucuk.

Rinciannya, balon kades di wilayah Kecamatan Gayam sebanyak 21 orang, Kalitidu 34 balon, Ngasem 37 Balon, Malo 9 balon, Tambakrejo 10 balon, Ngambon 8 balon, Trucuk 26, dan Kecamatan Margomulyo 5 balon.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan balon kepala desa dari masing-masing kecamatan melakukan pendatanganan deklasi damai disaksikan Bupati Anna Muawanah, Kapolres AKBP Budi Hendrawan, Kasdim 0813 Mayor Inf Qairil Ahmad, Asisten 1 Pemkab Djoko Lukito, dan Kepala DPMD, Juwono Prawiro.

“Deklarasi hari ini dilaksanakan di dua lokasi,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bojonegoro, Juwono Prawiro, saat deklarasi di GOR Gayam.

Dijelaskan, deklarasi damai berikutnya akan dilaksanakan di tiga lokasi yakni di Kecamatan Bubulan pada Jumat (17/1/2020). Diikuti lima kecamatan yaitu Bubulan, Dander, Temayang, Sekar dan Gondang. Dengan jumlah balon sebanyak 72 orang.

Di Kecamatan Sumberrejo pada Senin (20/1/2020). Diikuti 184 balon dari enam Kecamatan yaitu Sumberrejo, Kapas, Balen, Kanor, Sukosewu dan Bojonegoro.

Sementara deklarasi damai terakhir akan dipusatkan di Kecamatan Baurno pada Selas (21/1/2020). Diikuti 110 balon dari empat Kecamatan yakni Baurno, Kepohbaru, Kedungadem, dan Sugihqaras.

“Deklarasi ini juga diikuti Ketua BPD dan Ketua Panitia Pilkades,” ucapnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah mengajak kepada semua pihak untuk menyukseskan Pilkades Serentak Gelombang III. Kepada panitia pemilihan, Bu Anna, berpesan, agar melaksanakan tugasnya secara jujur dan adil, tidak memihak salah satu calon.

“Untuk calon kades saya minta berpolitik yang sehat. Jangan saling menjatuhkan yang bisa menimbulkan perpecahan,” pesannya.

Kapolres Bojonegoro, AKBP. Budi Hendrawan menegaskan, pengamanan pilkades akan dilaksanakan secara ketat dengan melibatkan 1.890 personel gabungan.

“Kita juga akan bentuk satuan tugas atau satgas anti politik uang dan anti taruhan,” tegasnya.(Dwi)

Leave a Comment