Share

Diknas Bojonegoro Harap Siswa Tak Lulus UN Ikuti UNP

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berharap peserta jumlah peserta Ujian Nasional Perbaikan atau UNP pada Oktober mendatang bisa meningkat dari sebelumnya.

“Pelaksanaan UNP kemarin jumlahnya sedikit, dari 79 pendaftar hanya 60 peserta saja yang hadir,” ujar Kabid SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan, Puji Widodo, Senin (7/2).

Pihaknya merasa prihatin dengan kondisi ini, padahal UNP bisa membantu siswa memperoleh nilai sesuai standar kelulusan. Dinas Pendidikan juga mengimbau agar pihak sekolah mendorong siswanya untuk mengikuti UNP jika tak mendapat nilai standar kelulusan..

“Siswa harus mendapatkan nilai standart yakni 55 seperti nilai pada Unas. Jika tidak memenuhi berarti tidak lulus,” imbuhnya.

Meski demikian, bagi siswa yang tidak lulus masih mendapatkan kesempatan mengikuti UNP pada bulan Oktober mendatang. Sementara hasil UNP yang dilaksanakan beberapa waktu lalu akan diumumkan pada Sabtu (19/3) mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) SMP, SMA dan SMK Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Puji Widodo menjelaskan, setidaknya siswa yang seharusnya mengikuti UN Perbaikan ada seribu lebih dengan kriteria nilai kurang dari 5,5. Namun, pada UNP yang digelar akhir Februari hingga 2 Maret lalu, ada 781 siswa yang mendaftar online. Dari jumlah tersebut, hanya 79 yang melakukan daftar ulang dan 60 siswa yang hadir mengikuti UNP.(dwi/mcb)

Leave a Comment