Share

Dinas ESDM Bojonegoro Gelar Sosialisasi Sumur Tua

Bojonegoro, 23/11 (Media Center) – Setelah beberapa waktu lalu menggelar pertemuan tentang penertiban sumur tua, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas ESDM menggelar pertemuan langsung dengan para penambang sumur tua di Kecamatan Kedewan, Rabu (23/11).

Acara yang berlangsung di Balai Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan ini dihadiri oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Bojonegoro.

Camat Kedewan, Moh. Tarom saat mengawali acara ini menyampaikan Pengelolaan sumur tua di Dandangilo agar dikelola dengan baik dan bisa dinikmati oleh warga Kedewan bukan orang luar.

Sementara Kepala Dinas ESDM, Agus Supriyanto menegaskan bahwa penertiban ini dilakukan lantaran penambang tak melakukan aktifitas sesuai dengan ketentuan dan tak memperhatikan lingkungan.

“Tujuan penertiban ini adalah menata dan mengelola untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kedewan. Karena pada kenyataannya, sumur tua saat ini dinikmati investor dari luar,” urainya.

Ia mengatakan, seharusnya sumur tua dikelola oleh warga setempat sehingga kesejahteraan warga terjamin.

Agus juga mengungkapkan, bahwa pertemuan ini juga menginventarisir pelatihan yang dibutuhkan oleh para penambang. Seperti bagaimana penambangan yang sesuai ketentuan maupun penyulingan yang ramah lingkungan.

Kepala BLH Bojonegoro, Elza Deba Agustina menyampaikan bahwa aktifitas penambangan yang tidak ramah lingkungan akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Tercatat ada 275 sumur, namun dilapangan sumur yang ada mencapai 700 lebih.

“Aktifitas penambangan harus bisa memperbaiki kondisi lingkungan. Hal awal adalah yang dipenuhi oleh para penambang harus mengantongi ijin UKL dan UPL,” pungkas wanita berjilbab ini.(mcb/hms)

Leave a Comment