Share

Dinas ESDM Cek Tambang Batu Kapur

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bojonegoro, kembali melakukan pengecekan di lokasi tambang Batu Kapur Desa Gajah, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kepala Dinas ESDM, Agus Suprianto, mengatakan, tujuan dari kunjungan lapang tersebut adalah untuk melakukan inspeksi pertambangan guna memperoleh data otentik terkait kondisi tambang Batu Kapur seperti teknik penambangan, legalitas perijinan (IUP), dokumen UKL/UPL, Amdal dan Amdal lalin.

“Kami melakukan verifkasi terhadap tindak lanjut hasil rapat dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur,” tukasnya, Rabu (28/10).

Tindak lanjut tersebut, yakni apakah PT Wirabumi Sejati selaku operator tambang telah melaksanakan komitmen dalam menindak lanjuti tuntutan warga Desa Karangkembang, Kabupaten lamongan.

Adapun tuntutan warga Karangkembang yang disampaikan dalam rapat yang di fasilitasi Dinas ESDM Provinsi Jawa timur pada tanggal 23 Oktober 2015 adalah:

PT Wirabhumi Sejati menugaskan personil untuk melakukan pengecekan pemasangan terpal penutup truk pengangkut material tambang dan memastikan terpal penutup tertutup secara sempurna untuk meminimalisir penyebab debu, menugaskan personil dalam penyemprotan roda truk yang keluar dari mulut tambang untuk mengurangi frekuensi debu di jalan, operator tambang membuat kubangan air untuk membilas roda truk yang keluar dari mulut tambang serta melakukan penghijauan dan perbaikan infrastruktur jalan dengan aspal hotmix dan Jam operasional tambang ditetapkan Jam 06.30 – 17.00 WIB.

“Tuntutan dari warga Desa Gajah sendiri yakni Penutupan keberadaan warung karaoke di sekitar tambang yang disinyalir menjadi tempat praktek prostitusi dan mengganggu ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Dari hasil verifikasi didapatkan bahwa sebagian komitmen telah dipenuhi operator, sedangkan komitmen yang belum dilaksanakan diberi tenggang waktu untuk menyelesaikan hingga 25 Desember 2015. Komitmen tersebut antara lain Pembuatan kubangan air untuk membilas roda ban truk, Penghijauan dan perbaikan infrastruktur jalan dengan aspal hotmix.(dwi/*mcb)

Leave a Comment