Share

Dinas ESDM Susun Skenario Normalisasi Blok Cepu

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, telah menyusun skenario sukses evaluasi kesiapan normalisasi pasca kericuhan di EPC 1 Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas ESDM, Agus Suprianto, mengatakan, skenario tersebut dibagi menjadi dua yakni sesuai aspek dan proses pemulihan pasca insiden. Pada aspek lingkungan sosial, harus ada optimalisasi dana bagi hasil migas untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lain-lain serta program kemasyarakatan EMCL.

Sementara untuk aspek pembinaan mental pekerja, lanjut Agus, harus dilakukan motivasi dan siraman rohani secara rutin. Selain itu, perlu terwujudnya data pekerja yang meliputi jenis pekerjaan, dan asal pekerja untuk K3S, kontraktor utama, dan sub kontraktor.

“Selain itu juga tempat ibadah yang harus disediakan fasilitas layak bagi para pekerja,” tandasnya.

Dia menyatakan, untuk aspek gas flare, EMCL harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat pada minggu pertama bulan September mendatang dan memberikan kompensasi beras, mengaktifkan posyandu sapi, dan penyuluhan kesehatan.

“Untuk aspek CSR atau PKPO, harus ada kegiatan kemasyaratan yang dilakukan sesuai kebutuhan dan dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa,” pungkasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment