Share

Dinas Pengairan Rehabilitasi Jaringan Irigasi

Bojonegoro (Media Center) –  Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro, bekerjasama dengan UPT PSDA Provinsi Jawa Timur melakukan rehabilitasi perbaikan jaringan irigasi mulai dari Dam Klepek hingga ke hilir.

“Perbaikan tersebut dilakukan mulai tahun 2016 hingga tahun 2018 mendatang secara bertahap,” ujar Kepala Dinas Pengairan Edi Susanto, Jumat (15/4).

Dia mengungkapkan, jika program perbaikan jaringan irigasi tersebut berjalan sesuai skenario, maka para petani akan mendapatkan suplai air sesuai yang diharapkan.

“Program ini juga untuk meminimalisir masalah yang sering terjadi di bawah,” imbuhnya.

Dia menegaskan, saat ini perbaikan jaringan irigasi yang sudah berjalan ada di Kecamatan Kanor, Sukosewu, dan Kepohbaru. Sehingga dengan adanya program ini diharapkan kebutuhan air untuk para petani di wilayah hilir terpenuhi sesuai harapan.

“Karena nantinya Waduk Pacal di Desa Kedungsumber akan mendapat suplai air tambahan dari Waduk Gongseng,” tukasnya.

Namun saat ini Waduk Pacal tidak bisa berfungsi secara maksimal untuk menampung air, pasalnya pelimpah air yang jebol beberapa tahun lalu membuat Waduk Pacal tidak boleh diisi air secara penuh.

“Sekarang hanya bisa menampung air 23juta meter kubik saja padaahal sebelum pelimpah jebol bisa menampung air hujan dengan kapasitas 43 juta meter kubik,” tutupnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment