Share

Dinas Peternakan Bojonegoro Salurkan Hewan Kurban

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan sudah menyalurkan hewan kurban dengan jumlah enam ekor sapi dan 28 ekor kambing/domba, kepada berbagai lapisan masyarakat, Kamis (24/9).

“Semua hewan kurban sudah kita distribusikan kepada masyarakat, termasuk satu ekor sapi yang langsung diserahkan Bapak Bupati Bojonegoro (Suyoto) kepada Takmir Masjid Al Muttaqin di Kecamatan Gondang,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro Subekti, Kamis (24/9).

Menurut dia, sebanyak 28 ekor/domba dan enam ekor sapi tersebut merupakan hewan kurban yang diperoleh dari jajaran pemerintah kabupaten (pemkab), juga hewan kurban dari Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ).

“Kami sudah lama tidak melakukan penyembelihan hewan kurban sendiri, tapi langsung menyerahkan hewan kurban dalam keadaan hidup kepada masyarakat,” katanya, menegaskan.

Mengenai jumlah hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, katanya, jumlahnya tidak jauh berbeda dengan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun lalu sebanyakdelapan ekor sapi dan 17 kambing/domba.

“Jumlah hewan kurban sapi turun, tapi jumlah kambing/dombanya meningkat,” ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya juga sudah lama tidak pernah menghimpun hewan kurban dari masyarakat.

“Dulu memang pernah, tapi sekarang masyarakat langsung menyalurkan daging kurban kepada masyarakat,” tambahnya.

Sesuai data di Dinas Peternakan dan Perikanan, pada Hari Raya Idul Adha tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih yaitu sapi sebanyak 1.548 ekor, kambing 4.387 ekor dan domba 5.804 ekor. (sa/mcb)