Share

Dinas PU: PT Relis Sapindo Utama Wajib Kembalikan Rp200 Juta

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pekerjaan Umum Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan, rekanan pelaksana rehabilitasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B di Jalan Veteran, PT Relis Sapindo Utama sudah melakukan prestasi pekerjaan. Namun, biaya prestasi pekerjaan tersebut ada kelebihan sebesar Rp200 Juta.

“Misalnya 55 pesen, kita bayar 55 persen. Sekarang tinggal kita lihat saja, PT Relis Sapindo Utama sudah menerima dananya itu berapa,” kata Kepala DPU Andy Tjandra kepada kanalbojonegoro.com, Senin (15/9/2015) di gedung DPRD setempat.

Kalau misalkan, rekanan itu telah menerima duit lebih dari prestasi pekerjaannya, seharusnya dikembalikan. Bukan malah melontarkan komentar di media yang bukan kenyataan.

“Saya kurang senang menerima komentar terkait pembayaran retensi. Tapi bukan dari pengusaha itu sendiri,” ungkapnya.

Komentar tersebut dilontarkan melalui salah satu media lokal di Bojonegoro yang menyebutkan PT Relis Sapindo belum menerima pembayaran uang retensi atau perawatan senilai Rp1,8 miliar.

“Itu bukan orang PT Relis Sapindo Utama kok, kalau mengklaim bahwa orang itu adalah keluarga dari perusahaan ya otomatis saya minta surat kuasanya,” tandas Andy.

DPU akan menindaklanjuti adanya klaim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebesar Rp200 juta dari kelebihan biaya prestasi pekerjaan oleh PT Relis Sapindo Utama.

“Jadi menggantung sampai hari ini,” tudingnya.

Saat rapat di BPK Pusat di Surabaya, penyebab adanya kelebihan biaya prestasi pekerjaan ini belum diketahui pasti karena pengusahanya meninggal dunia. Justru dengan munculnya pihak-pihak yang mengaku dari PT Relis Sapindo Utama bisa melakukan penagihan secara langsung.

“Saya malah berterimakasih, bisa nagih langsung ke orangnya,” tandasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment