Share

Dinkes Bojonegoro Ajukan Ipal Untuk Enam Puskesmas

Bojonegoro, 30/5 (Media Center) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berharap, pembangunan IPAL (Instalasi pengolahan air limbah) untuk enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang maju akreditasi segera dilaksanakan.

“Kami minta agar pembangunan Ipal untuk tidak ditunda, karena itu merupakan syarat mutlak mengikuti akreditasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Sunhadi, Selasa (30/5) di Creative Room Lantai 6 Geudng Pemkab Bojonegoro.

Untuk pembangunan Ipal, enam diantaranya menggunakan dana dari APBD 2017, sementara sembilan lainnya menggunakan dana dari pajak rokok. Sementara, dana dari APBD masih menunggu keputusan dari Bupati Bojonegoro untuk segera dilakukan pelelangan.

Saat ini, dari 36 Puskesmas baru 10 yang maju akreditasi. Dari semua persyaratan utama diantaranya adalah izin. Pihaknya sudah mengajukan semua izin Puskemas dan diharapkan bisa sejalan dengan akreditasi ini.

“Karena, syarat utama pelayanan kesehatan adalah adanya izin baik operasional maupun lainnya,” imbuh Sunhadi.

Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan meminta dukungan dari Dinas Penanaman Modal dan perizinan Terpadu Satu Pintu untuk menyelesaikan perizinan semua Puskemas meskipun dilakukan secara bertahap. (dwi/mcb)

Leave a Comment