Share

Dinkes Bojonegoro : Waspadai 4 Penyakit Ini Selama Musim Hujan

Di musim penghujan beberapa penyakit mudah menyerang seperti Demam berdarah, Chikungunya, Diare serta Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). warga Bojonegoro diharap harus terus memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar.

Bojonegoro (Media Center) – Di musim penghujan, warga Bojonegoro diharap harus terus memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. Hal ini karena di musim penghujan, beberapa penyakit mudah menyerang seperti Demam berdarah, Chikungunya, Diare serta Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Hal ini diungkapkan oleh dr. Hernowo, kepala bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (dinkes) Kabupaten Bojonegoro. Menurutnya, keempat penyakit ini sering menjangkit saat musim hujan seperti saat ini.

“Saat ini yang paling banyak terjadi adalah kasus penyakit diare, maka masyarakat harus menjaga kebersihan dan menggunakan air bersih untuk memasak,” ujarnya. ISPA juga sering menyerang yang diawali dengan gejala flu hingga sesak napas. “Warga yang beraktifitas diluar dianjurkan memakai masker, untuk melindungi organ pernapasan,” lanjutnya. Hal ini karena meski tak banyak debu, namun virus berkembang pesat saat cuaca basah.

Selain itu, demam berdarah juga harus diwaspadai karena bisa menyerang mulai usia bayi hingga dewasa dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Tercatat di Kabupaten Bojonegoro mulai 1 januari 2014 hingga saat ini sudah ada 10 kasus dengan satu kematian. “Kasus Chikungunya juga banyak terjadi, namun penyakit ini tidak mematikan, dan keluhannya seperti linu dan nyeri di bagian sendi dan tulang,” tutupnya. (lyamcb)

Leave a Comment