Share

Dinkominfo Ngawi Pelajari Sistem LAPOR! di Bojonegoro

Bojonegoro, 27/3 (Media Center) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Ngawi, Selasa (27/3) mengunjungi Kabupaten Bojonegoro. Rombongan diterima oleh Kepala Bidang Pengelolaan Inforpasi dan Aspirasi Publik (PIAP), Dinkominfo Bojonegoro, Sigit Jatmiko.

Dalam kunjungan ini, Yayuk Winarti Catur Nugroho selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik Dinkominfo Ngawi menjelaskan, pihaknya fokus untuk mempelajari aplikasi LAPOR! 1708 yang telah berjalan di Kabupaten Bojonegoro. Ia menuturkan, saat ini di Kabupaten Ngawi, aplikasi LAPOR! 1708 belum berjalan, sehingga diperlukan studi banding ke daerah lain yang dianggap sudah mumpuni.

“Kebetulan, Kabupaten Bojonegoro sudah baik pengelolaannya sehingga kami jadikan sasaran studi banding,” terangnya.

Dari kunjungan ini, Yayuk berharap agar sistem LAPOR! juga bisa berfungsi di Kabupaten Ngawi. Hal ini karena, Dinas Kominfo di Kabupaten Ngawi baru ada pada Januari 2017 lalu, yang sebelumnya menjadi satu dengan Bidang Humas. Ia menambahkan, saat ini, untuk pengaduan masyarakat bisa dilakukan melalui sms ke radio milik Pemkab Ngawi.

“Itupun kita batasi segmen pengaduan hanya selama satu jam,” imbuh Yayuk.

Selain mempelajari tentang LAPOR!, rombongan dari Dinkominfo Kabupaten Ngawi juga ingin lebih tahu mengenai PPID Kabupaten Bojonegoro dengan meminta informasi dan data melalui PPID.

“Walaupun jenisnya kunjungan, kita tetap layani permohonan informasi sesuai prosedur PPID,” jelas Sigit Jatmiko, Kabid PIAP Dinas Kominfo Bojonegoro.

Untuk mendapatkan informasi, perwakilan Dinkominfo Ngawi harus mengajukan permohonan informasi melalui PPID dengan melampirkan fotocopy identitas serta mengisi formulir permohonan informasi.(*mcb)

Leave a Comment