Share

Dinsos Bojonegoro Alokasikan Rp3,1 M Untuk Atasi Kemiskinan

Bojonegoro, 16/1 (Media Center) – Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, mengalokasikan Rp3,1 miliar untuk bantuan sosial bagi masyarakat miskin di Bojonegoro.

“Bantuan sosial tersebut diberikan berupa beberapa program,” kata Kepala Dinas Sosial, Helmi Elisabeth, Selasa (16/1/2018).

Program yang ada di Dinas Sosial selama ini diharapkan mampu menanggulangi kemiskinan yang masih mencapai angka 575.430 jiwa berdasarkan data terpadu dari Badan Pusat Statistik setempat.

“Ada beberapa program diantaranya bantuan untuk lanjut usia atau lansia, bedah rumah, sembako dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, pemberian program bantuan sosial tersebut diberikan kepada masyarakat miskin yang sebelumnya diajukan oleh pemerintah desa masing-masing.

“Biasanya, desa mengajukan bantuan untuk warganya yang miskin,” lanjutnya.

Helmi menuturkan, bantuan juga diberikan bagi warga miskin yang selalu datang pada acara dialog jumat di Pendopo Malowopati. Namun, sebelum memberikan bantuan berupa sembako, pihaknya melakukan verifikasi terlebih dahulu.

“Ya kita verifikasi dulu, agar bantuan yang diberikan bisa merata dan tidak itu-itu saja. Karena yang mengajukan kan banyak,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

2 Comments on this Post

  1. Sunoko

    Sunoko Desa Trucuk RT.15 RW.02 Kec.Trucuk
    Mohon jawabannya dan perubahan,apakah penerima Rastra dan PKH bisa dirubah.karena yg terjadi dimasyarakat berbeda dengan harapan pemerintah,yg menerima rastra dan PKH kebanyakan orang2 mampu,yg lansia,janda2 tua malah tidak dapat.kalau bisa apa yg harus saya lakukan.

    Reply
    • Media Center

      Untuk saat ini, penerima rstra dan PKH adalah berdasarkan data terpadu dari BPS. Jika dirasa tidak tepat sasaran, bapak bisa mengajukan komplai ke dinas sosial dan menyertakan surat keterangan miskin dari desa setempat. Dan kemungkinan baru ditindaklanjuti pada pendataan selanjutnya oleh petugas. Namun jika penyelewengan diketahui dari pihak desa (misal janda2 tua dan lansia terdata namun tidak menerima bantuan), maka bapak bisa langsung lapor ke pemkab Bojonegoro maupun via sms LAPOR! dengan format BJN(spasi)isi aduan kirim ke 1708. segera akan ditindak oleh tim khusus. Terimakasih

      Reply

Leave a Comment