Share

Direktur RSUD: Kondisi Lift Berjalan Normal

Bojonegoro – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikusumo menegaskan, masyarakat termasuk pasien tidak perlu khawatir dengan insiden yang terjadi pada Sabtu (5/8/2017) siang tadi.

Humas RSUD Thomas Djaja, menyatakan, insiden tersebut menimpa warga Kecamatan Kalitidu dan anaknya yang akan memeriksanakan diri yang terjebak di dalam lift. Namun saat ini sudah berjalan normal kembali.

“Karena aliran listrik dari PLN mati, otomatis genset menyala. Tapi ternyata genset yang ada tidak mampu memenuhi kebutuhan seluruh gedung,” ujarnya.

Kebutuhan listrik di gedung RSUD Tipe tersebut sebesar 1700 Kwh, sementara genset yang ada hanya 600 Kwh.

Thomas menekankan, kedepan, akan segera melakukan lelang untuk ketersediaan genset sesuai kebutuhan. Sehingga, kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Kita sudah mematikan ac dan listrik yang tidak terpakai, tapi tetap tidak bisa mencukupi. Jadi segera lelang untuk nambah genset,” tegasnya.

Pihaknya menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir menggunakan fasilitas umum di RSUD Sosodoro Djatikusumo saat ini. Karena, masing-masing lift ada petugas yang menjaga. Pemantauan juga dilakukan agar masyarakat tetap nyaman mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kita juga akan siapkan bel darurat didalam lift apabila liftnya macet atau terjadi sesuatu lainnya,” imbuhnya.

Disinggung lamanya mengeluarkan pasien dari dalam lift yang terjebak, Thomas menjelaskan, pohaknya sudah mengantongi SOP yang ada dengan membuka lift secara manual.Bukan dicongkel dengan linggis, tapi membuka baut-baut lift dan itu membutuhkan waktu hampir 15 menit lamanya.

” KIta berupaya tidak ada lagi insiden seperti tadi, mohon maaf atas ketidaknyamanan karena memang ada keterbatasan anggaran,” tutupnya.

Informasi yang diterima KanalBojonegoro, Seorang wanita bernama Sayuti dengan anaknya yang akan berobat asal desa Grebekan, Kecamatan Kalitidu, terjebak selama setengah jam didalam lift gedung baru RSUD Sosodoro Djatikusumo.

Meski demikian, saat ini aktivitas di RSUD kondusif dan berjalan normal.(*dwi/mcb)

Leave a Comment