Share

Dishub Bojonegoro Gelar Pembekalan Penjaga Perlintasan KA

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar pembekalan bagi 40 penjaga perlintasan rel ganda kereta api (KA) yang akan ditempatkan di enam perlintasan KA di daerah setempat, Senin (19/10) dan Selasa (20/10).

“Sebanyak 40 penjaga perlintasan ini akan memperoleh pembekalan selama dua hari, sebelum bertugas,” kata Kepala Dishub Bojonegoro Iskandar, Selasa (19/10).

Pembekalan bagi 40 penjaga perlintasan rel ganda KA dengan nara sumber dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Akademi Perkeretapian Madiun, PT KAI dan kepolisian resor (polres).

Penjaga perlintasan ini, jelas dia, akan memperoleh pembekalan dengan materi pengamatan terhadap perlintasan sebidang, serta terkait tanggung jawab keselamatan pemakai jalan raya dan KA.

“Pembekalan ini sekaligus sebagai persiapan bagi penjaga perlintasan untuk bisa memperoleh sertifikasi dari PT KAI,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan penjaga perlintasan KA dengan jumlah 40 personel, ditempatkan di enam pintu perlintasan KA di daerahnya, dengan honor sebesar Rp1.000.000/bulan.

Lokasi perlintasan KA yang akan ditempatkan petugas jaga yaitu di Desa Sraturejo, Kecamatan Baureno, Desa Talun dan Medalem, Kecamatan Sumberrejo, di Kelurahan Sumbang, Kecamatan Kota.

Selain itu, juga di Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Desa Pumpungan, Kecamatan Kalitidu dan Desa Mbeged, Kecamatan Gayam.

“Di setiap pintu perlintasan ditempatkan empat personel yang bertugas secara bergilir. Setiap personel bertugas delapan jam dalam sehari,” ucapnya.(sa/*mcb)

Leave a Comment