Share

Dishub Bojonegoro Segera Bangun 15 Palang Pintu Perlintasan KA

Bojonegoro, Media Center – Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro akan terus membangun palang pintu di perlintasan kereta api (KA) sepanjang wilayah Bojonegoro. Rencananya tahun ini akan ada pembangunan palang pintu di 15 titik perlintasan.

Saat ini ada 82 titik dari ujung timur di Baureno sampai ujung barat di Kecamatan Padangan. Dan belum 100% perlintasan KA mempunyai palang pintu. “Dari jumlah tersebut, baru ada sembilan palang pintu ,” kata Kepala Dishub Bojonegoro, Iskandar, Selasa (2/4/209).

Iskandar mengatakan, sembilan perlintasan berpalang pintu itu dijaga oleh 12 petugas terlatih yang merupakan pegawai Dishub.

Kondisi perlintasan tanpa palang pintu di Bojonegoro, kata dia, akan menjadi prioritas tahun ini. Karena Dishub telah menerima hasil supervisi dari Dirjen Perkeretapian Kementrian Perhubungan terkait pemasangan palang pintu kereta api.

“Hasil supervisi itu menyebutkan harus ada pembangunan palang pintu di beberapa lokasi perlintasan di Bojonegoro,” tegasnya.

Oleh sebab itu, tahun ini rencananya Dishub akan membangun 15 titik dengan anggaran kurang lebih Rp5 miliar, dengan rincian masing-masing unit menelan anggaran Rp350 juta.

Terkait petugas jaga yang akan ditugaskan, menurut Iskandar, pihaknya akan melibatkan warga setempat yang akan dilatih. Tentu saja perekrutannya melalui Pemerintah Desa dan Camat.

“Dengan adanya palang pintu ini, kami berharap bisa mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.(Rin/NN)

Leave a Comment