Share

Dishub Gelar Rapat Persiapan Angkutan Lebaran 2019

Bojonegoro, Media Center- Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro menggelar rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran tahun 2019 di Partnership Room Pemkab lantai 4, Kamis (23/5/2019).  Acara ini dihadiri oleh Pj Sekertaris Daerah, Kepala Dinas Perhubungan, Polres Bojonegoro, Dandim 0813, Kepala Subdenpom,RSUD dan jajaran OPD setempat.

Selain dihadiri pejabat daerah, rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran ini juga dihadiri oleh kepala SPBU, dealer, bengkel, dan sejumlah penyedia jasa transportasi yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

PJ Sekertaris Daerah Bojonegoro, Yayan Rohman mengatakan perkembangan transportasi di Bojonegoro semakin meningkat. Sehingga perlu koordinasi antar semua pihak untuk memastikan kelancaran para pemudik.

“Angkutan lebaran memang menjadi faktor penting menjelang hari raya Idul Fitri. Saya harap dipersiapkan dengan matang,” tegasnya.

Kasubbag Ops Lantas Polres Bojonegoro, Iptu Jatmiko menjelaskan ada beberapa titik di Bojonegoro yang kerap terjadi kemacetan. Diantaranya di Baureno, Sumberrejo, Purwosari, hingga Margomulyo yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi.

Tahun ini Satlantas Polres Bojonegoro membangun pos pantau ketupat yang dapat difungsikan sebagai rest area bagi pemudik. Pos tersebut dibangun di sejumlah titik di wilayah timur (Baureno) dan barat (Margomulyo, Purwosari).

Menurut data tahun 2017-2018 tingkat kecelakaan mengalami penurunan 60%, namun angka pelanggaran lalu lintas meningkat. Pelanggaran didominasi oleh kaum milenial atau masyarakat umur 20 sampai 35 tahun. Polres Bojonegoro mengimbau kepada dinas terkait untuk mengadakan sosialisasi agar angka pelanggaran lalu lintas dapat dikurangi.  “Agar mudik lebaran tahun ini berjalan lancar tanpa adanya laka lantas”,imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Adi Wicaksono menyampaikan arus mudik dan arus balik diperkirakan akan terjadi di sepanjang tanggal 29 Mei 2019 – 13 Juni 2019. Untuk puncak arus lalu lintas akan terjadi pada tanggal 3 – 7 Juni 2019.

Dishub juga akan membangun pos keselamatan di sejumlah titik di terminal-terminal yang ada di wilayah kota maupun kecamatan di Bojonegoro.  Sejumlah Personel dipersiapkan guna kelancaran mudik bekerjasama dengan polres Bojonegoro.

Dishub juga mengimbau agar Perusahaan Otobus (PO) melakukan perbaikan/peremajaan dan melengkapi administrasi lalu lintas sebelum puncak arus mudik berlangsung. Selain memperhatikan persiapan di jalan raya, Dinas Perhubungan setempat juga mengupayakan perbaikan rambu-rambu lalulintas dan traffic light, perlintasan kereta api.

“Semua dalam proses pembangunan maupun perbaikan, maka dari itu saya harap kerjasama dari semua stakeholder yang bertugas,” tutupnya. (Alfan/NN)

Leave a Comment