Share

Disnakertransos Bojonegoro Awasi Kontrak Kerja Kontraktor Lokal

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sosial Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, keterlibatan kontraktor lokal dalam industri minyak dan gas bumi bukan tanggung jawab pemkab sepenuhnya.

“Kami hanya bertanggung jawab pada tenaga kerjanya, bukan perusahaan atau kontraktronya,” kata Kepala Disnakertransos, Adie Witjaksono, Rabu (27/4).

Dalam hal ini, pihaknya mengawasi terkait kontrak kerja yang diberikan kepada karyawan perusahaan. Atau, mengkoordinir penerimaan tenaga kerja jika dibutuhkan dengan database yang dimiliki Disnakertransos.

“Kami paham, jika sekarang ini kontraktor lokal terus berupaya terlibat di proyek migas. Seperti di Jambaran-Tiung Biru oleh PEPC,” imbuhnya.

Meski demikian, apabila ada kontraktor lokal yang merasa dirugikan oleh operator migas dan KSO nya, Disnakertransos siap memfasilitasi. Seperti yang pernah terjadi di proyek Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

“Kami berharap tidak terjadi lagi hal-hal seperti dulu, seperti invoice yang tidak terbayar dan sebagainya,” pungkasnya. (dwi/mcb)

Leave a Comment