Share

Disnakertransos Bojonegoro Gelar Sertifikasi IT Gratis

Bojonegoro, 25/10 (Media Center) – Sebanyak 76 peserta mengikuti sertifikasi IT yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro bersama Latansa selama tiga hari mulai Selasa – Kamis (25-27/10). Kegiatan yang dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, itu menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (LPS TIK) Surabaya.

Kepala Disnakertransos Bojongeoro, Adie Witjaksono mengatakan, pelatihan sertifikasi IT ini dilaksanakan secara gratis. Dengan peserta tenaga operator dari masing-masing SKPD dan umum yang berasal dari warga yang telah menerima pelatihan IT sebelumnya.

“Kami harapkan ini menjadi modal persyaratan bagi peserta untuk melamar pekerjaan atau meningkatkan kompetensinya,” kata Adie saat membuka pelatihan sertifikasi IT.

Dia mengungkapkan, sertifikasi ini merupakan bagian dari program pelatihan 12 ribu orang untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan mengurangi pengangguran. Sejumlah pelatihan lain yang diberikan diantaranya mengelas, rias, tata boga, pertukangan hingga potong rambut.

“60 persen peserta yang kita latih sudah bekerja dan menciptakan usaha baru,” tegas mantan Camat Margomulyo itu.

Sebelum dilakukan uji sertifikasi akan dilaksanakan pelatihan atau review materi lebih dulu. Tujuannya agar para peserta dapat meraih hasil maksimal.

Sherly, perwakilan LPS TIK Surabaya menjelaskan, sebelum dilakukan uji kompetensi akan dilakukan pra assessment untuk menawarkan kepada peserta terkait unit bidang yang akan diambil sesuai dengan kemampuannya.

“Metodenya kita akan memakai uji praktek dan observasi,” sambung Sherly.

Dalam uji kompetensi ini, assessor akan memberikan dua rekomendasi kepada peserta yakni kompeten jika mereka lulus uji semua unit yang diberikan.

“Tapi jika mereka tidak lulus uji dari setiap unit yang diberikan akan kita beri surat rekomendasi kalau pernah mengikuti uji kompetensi,” pungkas Sherly.(Dwi/mcb)

Leave a Comment