Share

Disnakertransos Latih Disabilitas Olah Hasil Pertanian

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 30 penyandang cacat atau disabilitas di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti pelatihan yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) di Balai Desa Talun, Kecamatan Sumberrejo, Selasa (6/10). Dalam pelatihan ini, para peserta yang memiliki kekeurangan fisik tersebut memperoleh materi pengolahan hasil pertanian.

“Peserta pelatihan ini berasal dari kecamatan-kecamatn yang tersebar di Bojonegoro,” kata Ketua Panitia Kegiatan Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas melalui Bantuan Sarana Usaha, Joko Santoso.

Dalam pelatihan ini peserta akan memperoleh materi mulai teori, praktek, dan cara pengemasan produk pengolahan hasil pertanian. Materi diberikan oleh dua nara sumber yakni dari Lembaga Pelatihan Keterampilan Pusat Pelatihan Pertanian Pesedaan Swadaya (LPK P4S) Gading dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bojonegoro.

Joko berharap dengan pelatihan ini para penyandang disabilitas tidak hanya tidak hanya menyediakan jasa, melainkan bisa menghasilkan produk pertanian sesuai potensi yang ada di desa mereka.

Selain mendapat pelatihan, para peserta direncanakan juga memperoleh peralatan untuk menunjang pelatihan yang diberikan.

“Kami berharap peserta dapat memanfaatkan ilmunya sehingga dapat menambah kesejahteraan keluarganya,” tegas Joko.

Ketua Himpunan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (HDKB) Bojonegoro, Sanawi, berpesan agar para disabilitas memanfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Teman-teman harus memiliki semangat dan tekad kuat untuk mengalahkan kekurangan dan keterbatasan,” ucap Sanawi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro, Adie Witjaksono, berpesan agar para peserta lebih inovatif dan kreatif untuk menentukan produk hasil pertanian yang akan diolah.  Karena banyak potensi pertanian di desa-desa yang bisa diolah menjadi produk makanan ataupun camilan yang bisa mengangkat nilai jual.(dwi/*mcb)

Leave a Comment