Share

Disnakkan Bojonegoro Upayakan Sebar Jutaan Benih Ikan

Bojonegoro, 22/9 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Lapangan Kecamatan Malo, Rabu (21/9). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto ini juga dihadiri Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Anggota DPR RI serta Kepala SKPD lingkup Pemkab Bojonegoro.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Ardiyono Purwanto mengungkapkan, pihaknya di tahun 2016 ini berupaya meningkatkan jumlah benih ikan untuk disebar ke seluruh wilayah Bojonegoro. Benih ini, rencananya disebar di tampungan air seperti embung, waduk hingga check dam.

“Sehingga ikan bisa ditangkap dan dikonsumsi oleh masyarakat Bojonegoro dan ikan bisa berkembang secara berkelanjutan.” ujarnya.

Menanggapi ini, Bupati Bojonegoro Suyoto menekankan, dalam penebaran benih ikan jumlahnya harus jutaan. Sehingga, selain di konsumsi ikan juga bisa dijual.

“Ini sekaligus mengajak masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan makan warisan dan berusaha memproduksi ikan sebanyak-banyaknya, sehingga bisa membuat kekayaan yang bisa dibagikan,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Mahfudhoh Suyoto menambahkan ada tiga hal yang membuat anak-anak dan masyarakat masih belum mengkonsumsi ikan. Pertama terbatasnya keuangan, yang kedua belum pahamnya masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dan ketiga masyarakat mau membeli ikan, tetapi ikan yang akan dibeli tidak ada. Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Perikanan serta PKK harus mendampingi dan memberikan pembinaan kepada masyarakat tentang manfaat makan ikan dan cara membudidayakan ikan.(mcb/humas)

Leave a Comment