Share

Disperinaker Bojonegoro Prioritaskan Pelatihan Bagi Pemegang KPM

Bojonegoro, Media Center – Program Petani Mandiri yang digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pertanian memberikan banyak manfaat bagi petani. Salah satunya memberikan akses pelatihan kerja secara gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker).

Kepala Seksi Agro Disperinaker Bojonegoro, Endah Retnoningrum menuturkan bahwa bagi masyarakat yang sudah ikut dalam program petani mandiri (PPM) dan sudah mendapatkan kartu petani mandiri (KPM) maka akan diprioritaskan untuk mendapatkan pelatihan kerja.

“Ini bentuk sinergitas untuk mensukseskan program petani mandiri dan mensejahterakan petani,” ujarnya saat sosialisasi PPM di Kecamatan Gayam, Senin (27/7/2020).

Dikatakan, salah satu pelatihan yang akan dilaksanakan di Desa Cengungklung, Kecamatan Gayam adalah olahan makanan dari pisang dan singkong. Pelatihan akan dilaksanakan, Selasa (28/7/2020) besok.

“Kita telah mensurvei bahwa ada banyak potensi tanaman pisang di Kecamatan Gayam,” ujarnya.

Dijelaskan, selain mendapat fasilitas pelatihan, ada fasilitas lain yang dapat di akses dari program petani mandiri. Yaitu Disperinaker akan membantu hasil produk makanan. Mulai dari packaging atau pengemasan, izin merk, izin nutrisi, sertifikat halal, komposisi dan lain-lain. Semua itu akan difasilitasi secara gratis.

“Asalkan itu produk sendiri. Masyarakat tinggal datang ke kantor dan mengisi formulir,” pungkasnya.(fif)

Leave a Comment