Share

Disperindag Siapkan Revitalisasi Pasar Kalitidu

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengaku akan melakukan revitalisasi pasar Kalitidu. Revitalisasi tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016 sebesar Rp 5 miliar.

Kepala Disperindag Bojonegoro, Basuki, menyatakan, pihaknya telah menganggarkan revitalisasi pasar Kalitidu menggunakan APBD tahun 2014 sebesar Rp 4 miliar, namun mengalami kegagalan.

“Ada kendala di lapangan, jadi belum bisa terlaksana,” ujarnya tanpa menjelaskan penyebab pasti.

Dia mengungkapkan, untuk tahun ini revitalisasi pasar di Bojonegoro mendapatkan jatah dari program Presiden Joko Widodo visi 5000 pasar.

“Kebetulan, Bojonegoro dapat jatah dari negara untuk satu pasar,” imbuhnya.

Basuki menyampaikan, secara teknis nantinya pasar Kalitidu akan dibangun dua lantai. Sementara lokasinya akan diundur ke belakang untuk menghindari kemacetan.

“Untuk bangunan yang belakang akan ditangani olah Dinas Pekerjaan Umum,” tukasnya.

Sementara itu, Supiani (50), salah satu pedagang di pasar Kalitidu, mengungkapkan, adanya revitalisasi pasar sangat ditunggu pedagang. Hanya saja, saat bangunan pasar sudah terwujud, pemerintah tidak memberlakukan sewa. Atau jika memang ada sewa, harganya tidak memberatkan pedagang.

“Saya belum tahu sistemnya bagaimana kalau pasarnya sudah jadi, tapi ya seneng kalau dibangun,” kata pedagang sayuran ini.(dwi/*mcb)

Leave a Comment