Share

Disperta Bojonegoro Kenalkan Varietas Baru Bawang Merah

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bekerjsama dengan Balai Penelitian Tanaman Sayuran memberikan sosialisasi kepada 200 petani di Kecamatan Kedungadem tentang budidaya bawang merah yang baik dan benar.

“Selain itu, memperkenalkan kepada petani enam jenis varietas baru bawang merah yang bisa dibudidayakan,” ujar Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Zaenal Fanani, Rabu (18/11/2015).

Dia mengungkapkan, selama ini para petani hanya menanam satu varietas saja yang didapat dari hasil pembibitan di Kabupaten Nganjuk. Padahal, mereka dapat melakukan pembibitan sendiri dengan jenis atau varietas yang lain.

“Kami berharap setalah sosialisasi ini petani langsung menindaklanjuti di lapangan,” tukasnya.

Enam varietas bawang merah yang dimaksud antara lain, varietas Kuning, Kuning Gombong, Bangkok, Klon Bawang Merah 88, Klon Bawang Merah 86, Klon Bawang Merah 33, dan Bali Djo.

“Yang ditanam saat ini oleh petani hanya varietas Bauji saja,” imbuhnya.

Zaenal mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan mengupayakan peningkatan budidaya bawang merah karena merupakan komoditas strategis. Saat ini petani bawang merah mulai merambah di beberapa kecamatan diantaranya Kedungadem, Sekar, dan Gondang.(dwi/*mcb)

Leave a Comment