Share

Disperta Bojonegoro Segera Salurkan Bantuan Alsintan

Bojonegoro, 12/10 (Media Center) – Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, menyatakan segera menyalurkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) hadiah dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian. Bantuan ini bertujuan untuk percepatan luas tanaman padi pada musim hujan.

“Alsintan tersebut diperoleh setelah Pemkab Bojonegoro memenangkan lomba pencapaian luas tambah tanam tanaman padi pada musim tanam Oktober 2015-Maret 2016 lalu,” jelas Kepala Dinas Pertanian, Ahmad Jupari, Rabu (12/10).

Dia mengatakan, memasuki musim hujan saat ini, para petani yang memiliki sawah tadah hujan mulai bercocok tanam. Oleh sebab itu, waktu pemberian bantuan alsintan dinilai dapat membantu petani dan bisa meningkatkan produksi pertanian.

“Hadiah alat mesin pertanian yang diterima pemkab Bojonegoro berupa traktor roda dua 78 unit, traktor roda empat 15 unit, transplanter atau mesin tanam padi 15 unit, pompa air 17 unit dan alat panen sembilan unit,” lanjutnya.

Jupari menambahkan pemanfaatan semua alsintan akan dilakukan pada bulan oktober dan november mendatang. Sementara dalam pemanfaatan alat mesin pertanian hadiah itu akan ditangani Brigade Alat Mesin Pertanian yang terdiri dari petugas dinas pertanian dan jajaran Kodim 0813.(dwi/mcb)

Leave a Comment