Share

DKP Bojonegoro Alokasikan Rp500 Juta Untuk Bougenvile

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 Juta untuk program sejuta Bougenvile pada 2016 ini.

“Nantinya, bunga Bougenvile ini akan diletakkan disela-sela pohon peneduh,” kata Kepala DKP, Nurul Azizah, Jumat (29/1).

Dia menyampaikan, alasan memilih bunga ini dikarenakan jenis pohon hias maupun perdu yang cocok dengan kondisi tanah di Bojonegoro hanya Bougenvile.

“Kita semua harus memiliki obsesi untuk memperindah dan memperteduh lingkungan,” tambahnya.

Untuk penempatan bunga Bougenvile nantinya akan ditempatkan di kanan dan kiri di sepanjang jalan provinsi, nasional, dan kabupaten. Sementara panjang jalan nasional berjarak 99 kilometer, provinsi 51 kilometer, dan kabupaten 358 kilometer.

“Kita mempunyai cara tersendiri untuk merealisasikan program ini dengan menggandeng masyarakat dan semua sekolah,” ujarnya.

Kerjasama tersebut berupa pembibitan dan penanaman bunga Bougenvile. Karena, apabila membeli bunga di toko bunga maka harga tiap batang bisa mencapai rp20.000 sampai dengan Rp25.000.

“Kalau dari masyarakat atau sekolah, kita bisa membeli hanya dengan Rp3000 per batang. Karena, didalam RKA tertera sebesar itu,” tambahnya.

Dia menyatakan, saat ini ada kurang lebih 50 lembaga sekolah yang mau bekerjasama dalam pembibitan bunga Bougenvile. Bahkan, masih menunggu antusias dari masyarakat untuk program ini.

“Dengan uang sebesar Rp500 juta di tahun 2016 ini tentu targetnya 120.000 bibit akan terealisasi dengan harga bibit Rp3000,” tukasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment