Share

DKP Bojonegoro Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Bojonegoro (Media Center) – Untuk mengantisipasi tumbangnya pohon-pohon besar yang ada di pinggir jalan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro melakukan pemangkasan pohon. Itu dilakukan mengingat memasuki musim hujan ini sering terjadi angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang.

“Kita rampingkan pohon-pohon yang ada di sekitar Bojonegoro, supaya jika terjadi hujan disertai angin tidak roboh,” ujar Kabid Pertamanan dan Keindahan Dinas Kebersihan, Bojonegoro Fatoni, Rabu (11/11).

Petugas DKP melakukan pemangkasan dan pemotongan yang umurnya sudah tua dengan memakai gergaji mesin. Petugas memotong batang, dahan, dan ranting kering yang berada di kanan-kiri jalan sekitar kota. Petugas juga menggunakan sky worker untuk menebang dahan yang berada di pucuk pohon.

“Beberapa hari terakhir terjadi hujan disertai angin kencang hingga menyebabkan sejumlah pohon di beberapa kecamatan tumbang,” paparnya.

Pohon yang pangkas itu seperti pohon trembesi, pohon sonokeling, dan pohon asem yang sudah berumur puluhan tahun. Sayangnya, pemangkasan itu hanya dilakukan di sekitar kota. Padahal, beberapa hari terakhir pohon yang tubang terjadi di beberapa kecamatan, seperti Kepohbaru, Dander dan Balen.

“Sebenarnya kita ingin melakukan pemangkasan hingga ke perdesaan, tetapi petugas kita terbatas. Mungki tahun depan kita menyasar sampai ke pelosok-pelosok,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa/Kecamatan Padangan, Bojonegoro Muhamad Rokib mengaku, jika di sepanjang jalur Bojonegoro-Cepu dan Bojonegoro-Ngawi ada ribuan pohon tua yang berada di kiri dan kanan jalan. Pohon yang berada di pinggir jalan itu rawan ambruk selain karena umurnya tua, juga sering dipaku dan dipasangi reklame dan papan nama secara sembarangan.

“Kalau tidak ditebang sangat membahayakan pengguna jalan,” pungkasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment