Share

DLH Bojonegoro Belum Fungsikan IPLT

Bojonegoro – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, menyebutkan, Instalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT) yang ada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, hingga kini belum difungsikan.

“Karena, warga kebanyakan menggunakan jasa sedot WC untuk limbah tinja,” kata Kepala DLH, Nurul Azizah, Selasa (28/11/2017).

Limbah tinja tersebut, oleh pengusaha sedot WC dimanfaatkan untuk pupuk. Meski demikian, pihaknya belum memastikan hal tersebut karena belum ada koordinasi lanjut mengenai hal itu.

“Kita akan cek kemana limbah tinja itu dibuang jika ada keluhan dari masyarakat,” katanya.

Namun, hingga kini tidak ada keluhan atau laporan dari masyarakat Bojonegoro terkait pembuangan limbah tinja. Artinya, bisa jadi apa yang dilakukan oleh pengusaha sedot WC tersebut adalah benar, yakni mengolah limbah itu menjadi pupuk dan dimanfaatkan untuk tanaman.

“Sampai sekarang tidak ada laporan dari warga, jadi masih aman,” tegasnya.

Kedepan, apabila IPLT milik Pemkab difungsikan dan memiliki cukup anggaran, maka besar kemungkinan DLH akan membuat inovasi serupa. Yakni, mengolah kotoran manusia itu menjadi barang yang bermanfaat.

“Karena, septic tank itu kan mengurasnya beberapa tahun sekali, jadi IPLTnya memang belum berfungsi maksimal,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment