Share

DLH Rencanakan “Panen” Zona Pasif TPA di Agustus 2018

bank sampah di Banjarejo

Bojonegoro, 3/5 (Media Center) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro tengah berencana melakukan “panen” di Zona Pasif Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Hal ini lantaran kondisi TPA Banjarsari dinilai sangat memprihatinkan dengan daya tampung yang tinggal beberapa bulan saja.

Seperti disampaikan Sholeh Fatoni, Kepala Bidang Persampahan Dinas DLH Bojonegoro. Ia menuturkan daya tampung TPA maksimal tinggal tiga bulan ke depan. Untuk itu, upaya yang perlu dilakukan adalah pemanenan zona pasif.

“Zona pasif ini adalah zona yang sudah tertimbun sampah lebih dari 10 tahun,” terangnya, Kamis (3/5)

DLH menjadwalkan pemanenan zona pasif pada Agustus atau telah memasuki musim kemarau. Hal ini karena pemanenan harus dilakukan saat kondisi sampah kering sehingga mudah dipilah.

Cara pemanenan ini, lanjut Fathoni, dilakukan dengan mengayak timbunan sampah yang telah mengendap selama 10 tahun. hasil ayakan berupa sampah organik yang akan dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang berkualitas sangat bagus.

“Selain pupuk kompos, sampah plastik yang telah setengah terurai juga bisa dijual,” imbuhnya.

Fatoni menambahkan, proses pemanenan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Sementara kondisi TPA yang semakin penuh tak bisa dihindari. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar warga yang memanfaatkan titik pembuangan sampah untuk turut memilah sampah organik dan anorganik seperti botol dan plastik.

“Memilah sampah dari sumbernya meski tak banyak, bisa sedikit mengurangi volume sampah yang ditimbun di TPA,” pungkasnya.(*mcb)

Leave a Comment