Share

DPMD Minta Pemdes Maksimalkan Dana Desa

Bojonegoro, 12/9 (Media Center)  – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kabupaten Bojonegoro, meminta agar Pemerintah Desa mamaksimalkan Dana Desa yang disalurkan setiap tahunnya. Terlebih, tahun 2019 mendatang Pemerintah Pusat akan menambah jumlah Dana Desa.

“Termasuk untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat desa badi yang miskin,” kata Kasi Bina Keuangan dan Aset Desa DPMPD, Haris Efendi, Rabu (12/9/2018).

Dia mengungkapkan, berdasarkan keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri PPN/Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 18 Desember 2017 lalu menyatakan, bahwa Dana Desa digunakan untuk Padat Karya Tunai di Desa.

“Ada beberapa kesepakatan didalam SKB-4 itu, dan harus dilaksanakan oleh desa,” tandasnya.

Haris menyatakan, sekarang ini pihaknya masih menunggu laporan realisasi Dana Desa dari sebagian desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Dengan laporan tersebut, Dinas PMD bisa melihat tolak ukur keberhasilan desa memanfaatkan DD bagi warganya.

“Kita juga minta laporan pertanggungjawaban pelaksanaan DD,” tukasnya.

Dia menyatakan, penerimaan Dana Desa (DD) tahun 2018 sebesar Rp317.899.182.000. Dari jumlah tersebut,13 desa di 8 kecamatan berada dibawah garis kemiskinan mendapatkan DD dengan nominal yang cukup besar yakni Rp1 Miliar lebih.(*dwi/mcb)

Leave a Comment