Share

DPRD Bojonegoro Minta EMCL Segera Selesaikan TKD Gayam

Bojonegoro (Media Center) – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, meminta kepada operator Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dan pemerintah Desa Gayam, untuk segera menyelesaikan Tukar Guling Tanah Kas Desa (TKD) seluas 13,5 Hektar untuk pengembangan proyek migas.

“Jangan sampai penyelesaian TKD ini terhambat hingga akhir tahun,” kata Wakil Ketua Komisi A, Anam Warsito, Selasa (27/10).

Dia mengatakan, apabila TKD Gayam tidak segera diselesaikan sesuai batas waktu yang ditentukan yakni akhir Desember 2015, maka sesuai aturan yang berlaku, proses TKD akan dimulai lagi dari awal.

“Padahal puncak produksi Blok Cepu diproyeksikan sudah tercapai akhir 2015, tapi masih ada masalah yang berpotensi konflik sosial, ” tukasnya.

Vice President Public and Government Affair ExxonMobil Indonesia, Erwin Maryoto, menegaskan, akan segera mempercepat proses rekomendasi hasil lelang untuk calon tanah pengganti yang saat ini masih dalam tahap tes kesuburan tanah.

“Kami akan berusaha secepat mungkin menyelesaikan rekomendasi ini, supaya bisa terkejar sebelum Desember tiba,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Gayam, Winto, menegaskan, supaya semua pihak baik itu EMCL dan Pemerintah Kabupaten untuk membantu pemerintah desa menyelesaikan berkas-berkas yang akan diajukan kepada bupati. Berkas-berkas tersebut sesuai Permendagri No 4 tahun 2007 dan Perda No 9 tahun 2010.

“Selain menyelesaikan berkas-berkas yang diperlukan, kami menunggu hasil rekomendasi dari EMCL untuk segera dimusyawarahkan dengan desa,” tukasnya(dwi/*mcb)

Leave a Comment