Share

DPRD Bojonegoro Minta PT Rekind-HK Selesaikan Pajak Galian C

Bojonegoro, 24/10 (Media Center) – Disegelnya aset di lapangan Banyuurip lantaran adanya masalah terkait pajak Galian C yang digunakan oleh kontraktor EPC 5 membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mendesak konsorsium PT Rekayasa Industri-Hutama Karya agar segera menyelesaikan masalah ini.

“Segera selesaikan, Dispenda harus mempertemukan semua pihak,” ujar Wakil Ketua DPRD, Sukur Prianto, Senin (24/10)

Pihaknya meminta apabila sudah ada temuan di lapangan, bahwa yang bertanggung jawab atas disegelnya objek vital negara ini adalah sub kontraktor PT Rekind-HK yang harus mempertemukan para sub kontraktor yang terlibat

“Jangan sampai, masalah ini berlarut larut, baik PT Rekind maunya HK ya tetap mengawal, ” tandasnya.

Politisi asal Partai Demokrat ini menyatakan, jangan sampai penyegelan di Blok Cepu mengganggu aktivitas didalamnya. Karena, hal ini bisa merugikan negara jika sampai terhenti.

“Bagi kontraktor lokal ya mohon kesadarannya, jangan sampai dijatuhi sanksi kalau sampai tidak membayar pajak,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dispenda, Herry Sudjarwo menyatakan, akibat tidak terbayarnya pajak galian c oleh PT Rekind-HK ini, daerah mengalami kerugian sebesar Rp1,6 miliar. Oleh sebab itu, jika belum diselesaikan pembayarannya, maka Dispenda akan menyegel lebih luas lagi lahan yang ada di dalam lokasi Lapangan Banyuurip, Blok Cepu.

“Sekarang sudah disegel sesuai luas lahan yang diurug, jika belum diselesaikan akan kami perluas lagi penyegelannya,” pungkas Herry.(dwi/mcb)

2 Comments on this Post

  1. Unik
    Galian C katanya tak ada yang legal, tapi kok bisa ada pajaknya ya ?

    Reply
    • Media Center

      Sudah ada yang legal bapak.. ijin diterbitkan oleh Dinas ESDM Provinsi atas rekomendasi dari Dinas Kabupaten. Kabupaten saat ini sudah tak punya kewenangan untuk menerbitkan ijin tambang galian C. Untuk soal Galian C di EPC 5, yang dipermasalahkan adalah pajak yang menunggak, namun sudah mengantongi ijin.

      Reply

Leave a Comment