Share

DPRD Bojonegoro Optimistis Tak Ada Revisi Peraturan Menteri Soal Sumur Tua

Bojonegoro, 28/12 (Media Center) – Komisi B, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yakin, tidak ada revisi Peraturan Menteri ESDM No 1 tahun 2008 tentang Pedoman Penguasaan Pertambangan Minyak Bumi Pada Sumur Tua..

“Kami yakin permen itu tidak akan dirubah, sehingga pengelolaannya masih melalui BUMD atau KUD,” ujar Ketua Komisi B, Sigit Kusharianto, ditemui dikantornya, Selasa (27/12).

Meski saat ini Pertamina EP Asset IV melakukan kerjasama dengan dua paguyuban yang mengelola sebanyak kurang lebih 725 sumur, namun kedepan berharap pengelolaan sumur tua dilakukan oleh Koperasi Unit Desa (KUD) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Kami ingin koperasi di Bojonegoro eksis mengelola sumur tua,” tukasnya.

Menurutnya, Pertamina EP Asset IV hanya boleh menggunakan BUMD atau KUD untuk memberikan ongkos angkat dan angkut kepada para penambang.

“Jadi kami terus mendorong agar pengelolaannya ada di BUMD atau KUD, karena selain bisa mengakomodir semua penambang juga memberikan pemasukan daerah,” pungkasnya.

Pengelolaan minyak sumur tua yang ada di Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro rencananya tahun depan (2017) akan dikembalikan sesuai dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 1 tahun 2008.(dwi/mcb)

Leave a Comment