Share

DPRD Sosialisasikan Perda Soal CSR

Bojonegoro (Media Center) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mensosialisasikan Perda No 6 Tahun 2012 tentang transparansi tata kelola pendapatan, lingkungan, dan tanggung jawab sosial perusahaan pada kegiatan hulu minyak dan gas bumi di ruang paripurna setempat pada Rabu (15/7) sore kemarin.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Henri Fiuser, menyampaikan, apresiasinya terhadap keberadaan Perda ini yang juga mengacu pada PP 47 tahun 2014 tentang CSR. Dimana, pada pasal 2 berbunyi setiap perusahaan wajib memberi tanggung jawab sosial.

“Juga diatur dalam UU No 40 tahun 2007 tentang PT,” tandasnya.

Dia menyampaikan, di dalam Perda ini bila dicermati lebih jelas lagi seperti di pasal 5,7,8 dan 9 itu disebutkan tanggung jawab perusahaan. Tetapi yang lebih penting dari semua ini adalah pembentukan tim transparansi.

“Tim inilah yang menganilisis dan menilai sejauh mana nanti tanggung jawab perusahaan yang bergerak di sector migas,” tukasnya.

Dia menekankan, tim ini harus bisa menganalisis apa saja bentuk CSR, besarannya berapa, dan bagaimana implementasinya ke masyarakat. Dari itu akan memberikan rekomendasi yang bisa berkelanjutan pada sanksi.

“Karena sanksinya hanya apabila perusahaan itu mengakibatkan bencana,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Mitroatin, menegaskan, sosialisasi Perda ini merupakan program unggulan di tahun 2015. Dimana, masyarakat harus mengetahui produk hokum dari legislative terutama di sector migas.

“Kami akan bersinergi dengan Pemkab untuk mengimplementasikannya ke masyarakat,” pungkasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment