Share

DPU-SDA Efisiensi Anggaran Untuk Bangun Embung

Bojonegoro, 27/4 (Media Center) – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengungkapkan, anggaran pembangunan embung tahun ini terpaksa dilakukan pengurangan.

“Secara formal belum disampaikan, tetapi kemungkinan ada pengurangan anggaran,” ujar Kepala Dinas PU-SDA Kabupaten Bojonegoro, Edy Susanto.

Pembangunan embung ini ditarget mencapai 1.000 embung di tahun 2018. Saat ini pembangunan embung sudah terealisasi sekitar 460 embung. Di tahun 2017 pembangunan embung ditarget bisa mencapai 35 lokasi.

“Tapi juga menyesuaikan kemampuan APBD sekarang,” ungkapnya.

Pengurangan anggaran pembangunan embung ini juga terjadi di tahun sebelumnya. Hampir 40 persen pengerjaan embung akhirnya ditunda. Tahun 2017 ini anggaran pembangunan embung ditarget sekitar Rp 1,8 miliar.

“Pembangunan per embung antara Rp50 juta sampai Rp100 juta. Jumlah anggaran itu bisa kurang jika ada efesiensi lagi,” tandasnya.

Bulan ini, pembangunan sedang berlangsung di Desa Ngradin, Kecamatan Padangan dan di Desa Brangkal dan Desa Cengkir, Kecamatan Kepohbaru.

Selain sebagai irigasi, embung tersebut juga sebagai lahan resapan air. Pembangunan embung dilakukan secara merata di wilayah yang lebih banyak lahan pertaniannya.(dwi/mcb)

Leave a Comment