Share

EMCL: Asap Tebal di Mojodelik Hasil Uji Coba Injeksi Gas

Bojonegoro (Media Center) – Masyarakat di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dikagetkan dengan kondisi flaring di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, mengeluarkan api besar dan asap tebal berwarna hitam.

“Tadi apinya besar dan mengeluarkan asap tebal berwarna hitam. Tapi sekarang sudah mulai padam,” ujar Kepala Dusun Samben, Desa Mojodelik, Gunawan, Jumat (10/6) sore.

Meskipun kondisi tersebut tidak berlangsung lama, namun menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat sekitar lokasi pengeboran minyak yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited  (EMCL) ini.

“Belum pernah seperti ini apinya, jadi ya orang-orang sempat takut,” tukasnya.

Kejadian ini tidak menimbulkan bencana seperti keracunan gas bagi masyarakat sekitar. Semua masih melakukan aktivitas seperti biasa meski ada rasa khawatir terjadi sesuatu.

Sementara itu, juru bicara dan humas EMCL, Rexy Mawardijaya mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses uji coba injeksi gas.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi. Tim kami sudah bersiaga dan memonitor kondisi di masyarakat sekitar,” tukasnya.

EMCL terus berusaha keras mengurangi emisi seperti bau atau asap yang  dapat muncul secara sementara selama proses uji coba injeksi gas berlangsung.

“Dalam operasi kami, kami mengutamakan keselamatan masyarakat sekitar, karyawan dan kontraktor kami, serta lingkungan,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment