Share

EMCL Dampingi Korban Keracunan Gas Blok Cepu

Bojonegoro, 27/10 (Media Center) – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) akan mendampingi delapan warga di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang menjadi korban keracunan gas H2S (Hidrogen Sulfida) yang keluar dari lapangan sumur minyak Banyuurip Blok Cepu sehari lalu.

Camat Gayam, Bojonegoro Hartono, Kamis (27/10), menjelaskan bahwa Tim ECML akan melakukan pendampingan warga yang mengalami keracunan sekaligus menempatkan tim kesehatan di Balai Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

“Penempatan tim kesehatan di balai desa untuk mengantisipasi kemungkinan ada tindakan lanjutan warga yang mengalami keracunan,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan dari delapan warga yang mengalami keracunan gas H2S dan menjalani perawatan di sejumlah puskesmas, tujuh warga sudah diperbolehkan pulang.

Satu warga atas nama Nyamikarin (29) masih menjalani perawatan di Puskesmas Kalitidu yang disebabkan mengalami keracunan gas H2S.

“Ketika kejadian ada warga lainnya di Desa Mojodelik yang juga mencium bau busuk, tapi yang mengalami keracunan delapan warga,” tuturnya.

Ia menyebutkan warga yang mengalami keracunan gas H2S yaitu Warsiti (51), Siti Sulaiman (35), Nyamikarim (29), Sumini (40), Sri Listajah (42), Siti zulaikah (42), Muklikatun (21) dan Ahmaf Z (9 bulan).

“Semua biaya perawatan ditanggung EMCL,” ucapnya menambahkan.

Kepala Bidang Kajian dan Laboratorium BLH Bojonegoro Hari Susanto menambahkan pihaknya hari ini menurunkan tim untuk meneliti kasus semburan gas dari lapangan minyak Banyuuruip Blok Cepu di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

Tapi, lanjut dia, penelitian yang dilakukan hanya untuk mengetahui besarnya kandungan gas yang dibakar bersamaan dengan kejadian warga mengalami keracunan.

“Kalau gas H2S yang mengakibatkan warga keracunan ya sekarang sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Sesuai perhitungannya, katanya, gas H2S yang keluar di atas 1 ppm, sebab kalau ada gas H2S sebesar itu terpapar dalam waktu sekitar 10 menit bisa mengakibatkan manusia keracunan. (*/mcb)

Leave a Comment