Share

EMCL dan STIKES ICSADA Gelar Penyuluhan Dan Pemeriksaan

Bojonegoro, 17/4 (Media Center) – Operator Lapangan Migas Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama tim kesehatan STIKES ICSADA melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis di balai desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, pada Selasa (17/4/2018). 150 warga setempat berbondong-bondong mengikuti kegiatan ini dari pagi hingga siang.

“Kegiatan ini sangat membantu sekali, terutama untuk warga yang tidak mampu,” ucap Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu.

Yuntik menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan sangat penting bagi warga. Karena menurutnya masalah pengakit yang diderita tidak cukup diobati, tapi harus ada kesadaran untuk menjaga kesehatan. “Sadar sehat lebih penting daripada pengobatannya itu sendiri, karena mungkin sakit tidak akan datang kalau kita pandai-pandai menjaga kesehatan,” ungkap Kepala Desa perempuan ini.

Kehadiran tim kesehatan EMCL bersama STIKES ICSADA di Desa Mojodelik menjadi sorotan Yuntik. Menurutnya, tim kesehatan yang tinggal di desanya ini sudah seperti warga Mojodelik. “Teman-teman tim kesehatan selalu ada dalam setiap kegiatan warga. Sudah merasa seperti Warga Mojodelik, sehingga setiap kali ada apa-apa di masyarakat, petugas ini tahu,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Gayam, Akhmad Yusuf menghimbau agar warga memanfaatkan kegiatan tersebut semaksimal mungkin. Pemeriksaan kesehatan, kata dia, tidak selalu dilakukan. “Semua warga yang punya keluhan kesehatan ajak kesini semua, mumpung gratis,” ucap dia kepada warga yang hadir.

Yusuf menilai, program kesehatan yang dilakukan bersama STIKES ICSADA ini merupakan bentuk kepedulian EMCL kepada masyarakat. Dia mengajak warga agar mendukung kehadiran tim kesehatan ini di tengah-tengah masyarakat. “Bapak Ibu semua sudah dibantu dan didampingi, mohon saling menjaga dan para petugas kesehatan ini anggaplah keluarga sendiri,” paparnya menasihati.

Camat berharap tidak ada lagi warga yang kesulitan akses kesehatan. Apalagi Puskesmas Kecamatan Gayam saat ini sudah memiliki bangunan baru dengan fasilitas yang lebih memadai dan pelayanan lebih baik.

“Ini semua harus kita syukuri, manfaatkan fasilitas sebaik-baiknya, dan tentunya jaga terus kesehatannya,” tandasnya.

Kegiatan penyuluhan kesehatan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Gayam, Dr. Arman dan Dosen Keperawatan Kampus Ungu STIKES ICSADA, Ns. Verawati. Dalam pemaparannya, dokter Arman menjelaskan pola hidup sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar. Sedangkan Ns. Vera menjelaskan pentingnya berhati-hati terhadap kolesterol.

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari Program Aku Sehat, Gerakan Komunitas Sadar Kesehatan di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Selain kegiatan ini, EMCL bersama STIKES ICSADA juga melakukan pendampingan kesehatan bagi lebih dari 600 KK se-Kecamatan Gayam. Tim kesehatan secara rutin mengunjungi rumah-rumah Keluarga Binaan (Kabi) tersebut agar menjaga pola hidup sehat.

“Di Desa Mojodelik ini juga ada Pusat Informasi Kesehatan (PIK) yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Gayam untuk mendapatkan konseling kesehatan,” jelasnya.

Melalu program ini, tambah Ichwan, EMCL berharap bisa membantu Pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Dia mengaku bahwa EMCL telah melakukan berbagai upaya mendukung peningkatan taraf kesehatan di masyarakat sekitar wilayah operasi. “Mulai dari infrastrukturnya, peningkatan kapasitas petugas kesehatan, hingga pendampingannya,” pungkasnya.

Sodim, 62 tahun, warga Dusun Gledekan Desa setempat mengaku sudah dua kali mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di balai desa. Kakek dengan empat cucu ini merasa lega jika sudah diperiksa dan diberi obat. “Sakit saya linu di lutut, tidak ada keluhan lain,” tutur pria yang datang bersama istrinya itu.

Hal senada dituturkan warga lainnya, Narti, 39 tahun. Meski tak sedang merasakan sakit kepala, dia ingin mengadukan pusing yang sering dirasakannya akhir-akhir ini. Dia nampak bersemangat saat diperiksa. “Saya merasa lega kalau sudah diperiksa begini,” kata dia.(*dwi/mcb)

Leave a Comment