Share

EMCL Gelar Lokakarya Pendidikan Berkarakter

Bojonegoro (Media Center) – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggelar lokakarya Pendidikan Berkarakter di Pusat Belajar Guru (PBG) pada Rabu (24/2/2016). Acara ini diikuti oleh 80 peserta dari pendidikan usia dini di bawah binaan kementrian agama Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

“Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk embrio keluarga  menjadi pribadi yang baik dan berkarakter,” ujar Siti Mahfudhoh Suyoto saat membuka acara tersebut.

Istri Bupati Bojonegoro tersebut menjelaskan, pendidikan berkarakter membentuk generasi yang bermental kuat dan berkepribadian. Masyarakat Bojonegoro, kata dia, harus mempertahankan karakter sebagai bangsa yang santun.

“Kalau ingin bahagia harus berusaha hidup dan sosialnya juga harus baik kepada orang lain,” ujar perempuan yang biasa disapa Bu Yoto itu.

Sementara itu, Yudha Aviratri dari Indonesia Heritage Foundation (IHG) menjelaskan, pendidikan berkarakter merupakan metode pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai baik kepada anak-anak.

“Kita menyentuh emosi anak-anak untuk menerapkan nilai-nilai baik itu dengan terus menguatkan,” tuturnya.

Pendidikan dengan metode ini, kata Avi, harus terus menerus dan berkelanjutan.

“Tapi yang lebih penting, pendidikan keluarga yang punya waktu lebih banyak dengan anak,” ungkap dia.

Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono mengatakan, lokakarya tersebut merupakan bagian dari program Semai Benih Bangsa (SBB) yang didampingi oleh IHF. “Sejak 2007 sudah ada 90 sekolah yang kita dukung,” katanya.

Program yang telah disetujui SKK Migas ini, kata dia, merupakan wujud komitmen EMCL dalam memajukan pendidikan di Bojonegoro.

“Kami berharap, program ini bisa mendorong meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat sekitar wilayah operasi kami,” pungkasnya.(mcb)

Leave a Comment