Share

Enam Regu Lolos ke Final Lomba Linmas Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur,  melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) menyelenggarakan lomba anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Terbaik Tingkat Kabupaten. Acara tersebut dihelat, Kamis (13/8) pagi di Alun-alun Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Gaguk Joko, mengatakan, kegiatan lomba Linmas terbaik diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Linmas yang ada di tingkat desa.

“Karena, keberadaan Linmas berperan penting dalam keamanan dan ketertiban di tingkat masyarakat,” imbuhnya.

Dia menyampaikan, lomba Linmas yang dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Bojonegoro ini akan dijadikan percontohan bagi Kabupaten/Kota di tingkat Jawa Timur.

“Selain itu, kami akan memberi materi dan masukan bagi anggota-anggota Linmas sebagai tambahan ilmu,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpolinmas, Kusbianto, mengatakan,kriteria pemilihan Linmas terbaik dilakukan berdasarkan kondisi badan sehat, baik jasmani dan rohani, tidak cacat, berperilaku baik, serta tidak memiliki catatan kriminal di wilayah hukumnya masing-masing.

“Kategori lainnya, dinilai berdasarkan pengabdian, kesanggupan dan peran serta di dalam masyarakat,”tukasnya.

Dalam menguji tingkat intelektual masing-masing peserta, panitia mengadakan ujian tertulis, yakni dengan pilihan ganda dan essay, yang materi soalnya berkaitan dengan tugas dan fungsi Linmas.

“Dengan lomba ini, akan menjadi motivasi dan bukti eksistensi anggota Linmas itu sendiri ditengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Dari data yang dihimpun, ada sekitar enam regu dari enam kecamatan yang terpilih melalui seleksi panitia yakni Kecamatan Kapas, Kecamatan Bojonegoro, Kecamatan Kedungadem, Kecamatan Sumberjo, Kecamatan Sekar.

“Masing-masing regu minimal 35 orang,” pungkasnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment