Share

Festival Belimbing 2019 : Belimbing Milik Ika Yuliartik Paling Besar

Bojonegoro, Media Center – Kontes belimbing menjadi rangkaian perhelatan Festival Belimbing ke 6 tahun 2019 di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (15/12/2019).

Ada 20 petani belimbing yang mengikuti kontes. Penilainya melibatkan juri dari Dinas Pertanian Bojonegoro.

Hasil penilaian yang dilakukan, belimbing milik Ika Yuliartik dinilai memiliki bobot paling berat. Dari tiga buah yang diikutkan kontes memiliki berat 1,75 kilogram (Kg) atau 1.755 gr.

“Dari tiga buah kemudian kita rata-rata per buah beratnya 585 gram,” ujar koordinator tim juri, Dian Ngujiwati di sela-selan penilaian.

Penilaiannya meliputi berat, tekstur dan rasa buah. “Untuk kriteria yang menentukan pihak desa,” ucapnya.

Pemenang lomba kontes akan diumumkan pada saat festival dimulai. Pemenang akan mendapatkan penghargaan dari panitia.

“Ini untuk memotivasi para petani agar terus menjaga kualitas belimbingnya,” Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ringinrejo, Priyo Sulistiyo.

Festival Belimbing ke 6 juga digelar arak-arakan tiga gunungan belimbing dan hasil bumi. Diiringi kaum ibu-ibu yang berpakaian petani. Mereka memakai caping dan bak dari tikar bambu berisi nasi bungkus yang dibungkus daun jati.

Priyo menjelaskan, tujuan Festival Belimbing ini antara lain untuk meningkatkan kreaktifitas masyarakat, menggali dan mengembangan potensi yang ada baik di bidang ekonomi, sosial maupun budaya.

“Juga memperkenalkan Agrowisata Belimbing supaya lebih dikenal baik wisatawan lokal maupun nasional,” tuturnya.

Sesuai data di Pemerintah Desa Ngringinrejo, luas kebun belimbing mencapai 20,4 hektar (Ha), dengan jumlah 9.000 pohon.(Dwi)

Leave a Comment