Share

Festival Bengawan Bojonegoro Jadi Agenda Wisata Tahunan Jawa Timur

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), akhirnya menjadikan Festival Bengawan Bojonegoro sebagai agenda rutin tahunan yang masuk ke dalam Kalender Wisata Provinsi Jawa Timur.

“Sebelumnya, hanya Pawai Budaya, Prosesi Pengambilan Api Abadi dan Grebeg Berkah yang telah dimasukkan. Namun berdasarkan surat dari Pemprov Jatim, akhirnya Festival Bengawan Bojonegoro termasuk ageda wisata tahunan,” kata Kepala Bidang Promosi dan Usaha Seni, Disbudpar Bojonegoro Imam Wahyu Santoso, Jumat (2/10).

Sebelumnya, pihak Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro, yang dinilai sukses menggelar Festival Bengawan Bojonegoro beberapa saat lalu, telah menetapkan tanggal 20 September, yakni satu bulan sebelum Hari Jadi Bojonegoro (HJB) sebagai hari tetap pelaksanaannya.

“Selain itu, saran dari Kang Yoto yang meminta pelaksanaannya tak hanya satu hari, kami siap melaksanakannya tahun depan selama 20 hari,” jelas Demang Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro, Wahyu Subakdiono.

Bahkan, setelah mendengar bahwa Festival Bengawan Bojonegoro masuk dalam agenda wisata tahunan di tingkat provinsi, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan berbagai komunitas yang terwadahi dalam Kelompok Kerja tersebut untuk menyusun deskripsi kegiatan padda tahun 2016 mendatang.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Bojonegoro, Amir Syahid, dalam rapat evaluasi Festival Bengawan Bojonegoro bersama Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro beberapa saat lalu, berpesan agar kegiatan tersebut dapat terus berkesinambungan dan membahagiakan masyarakat Bojonegoro.

“Ini telah menjadi ikon wisata di Bojonegoro,” kata Amir.

Festival Bengawan Bojonegoro sendiri telah dua kali dilaksanakan di Kabupaten Bojonegoro, mengambil lokasi antara Bojonegoro Barrage (Bendung Gerak) di Desa Padang, Kecamatan Trucuk hingga ke Taman Bengawan Solo di Kecamatan Bojonegoro, Parade Perahu Hias menjadi puncak kegiatan yang telah menarik minat belasan ribu warga Bojonegoro dan luar kota untuk menyaksikannya.(*mcb)

Leave a Comment