Share

Festival Lontong Kikil Buka Rangkaian TIFF Bojonegoro 2019

Bojonegoro, Media Center – Festival Lontong Kikil Bojonegoro yang digelar di Lapapangan Trucuk- sebelah selatan Jembatan Bojonegoro – Trucuk, Sabtu (13/7/2019), berlangsung meriah. Kegiatan kali pertama ini merupakan rangkaian festival Tari Thengul dan Sego Buwuhan bertajuk ”International Folklore Festival” yang akan digelar pada Minggu (14/7/2019) besok.

Masyarakat dari dalam dan luar kota Bojonegoro berdatangan menyaksikan festival lontong kikil. Festival kuliner khas Bojonegoro yang digelar kali pertama ini dibuka oleh Camat Trucuk, Heru Sugiharto.

“Ini untuk mengenalkan Lontong Kikil Bojonegoro kepada masyarakat luas baik di dalam dan luar Bojonegoro. Karena kikil Bojonegoro memiliki rasa khas, beda dengan daerah lain,” ujar pria yang sebelumnya menjabat Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Bojonegoro itu.

Festival lontong kikil akan digelar setiap Sabtu dan Minggu untuk mempopulerkan kepada masyarakat luas.

Kepala Disparbud Bojonegoro, Amir Syahid menambahkan, festival Lontong Kikil merupakan rangkaian kegiatan Thengul International Foklore Festival (TIFF). Tari Thengul kolosal ini akan melibatkan 2.019 penari dari tingkat TK hingga SMA.

Kegiatan tersebut akan dimeriahkan atraksi seni budaya dari empag Negara yakni Bulgaria, Mexico, Polandia dan Thailand.

Selain itu juga festival Sego Buwuhan. Ada 2.500 Sego Buwuhan yang akan disajikan. Festival ini akan mendatangkan chef Juna (juri dalam acara memasak Master Chef Indonesia).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Jembatan Sosrodilogo yang membetang di atas Sungai Bengawan Solo. Dua festival ini akan memecahkan museum rekor Indonesia (Muri). “Kegiatan kita mulai hari ini sampai tanggal 18 Juli nanti,” ucap Amir.

Dijelaskan, semua kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengkat potensi budaya dan kuliner khas Bojonegoro kepada masyarakat luas, untuk mendukung dunia pariwisata Bojonegoro.(Dwi/NN)

Berikut jadwal TIFF 2019 :

Minggu (14/7/2019):
Pada pukul 14.30 wib sampai 17.00 Wib dilakukan Pembukaan Bojonegoro TIFF 2019, Rekor Muri Sego Buwuhan dan Tari Thengul Kolosal di Lapangan Desa Trucuk yang dihadiri oleh Bupati,, Forpimda,Ka SKPD, Tim Kesenian 4 Negara dan undangan lainnya.

Senin (15/7/2019)
Pukul 19.00 Wib-21.30 Wib dilakukan Opening INternasional Foklore Festival, pagelaran Wayang Thengul, dan Trai Parang Barong di Stadion Letjen H Soedirman.

Selasa (16/7/2019)
Pukul 08.00-22.00 Wib dilaksanakan edukasi kerajinan batik dan Wayang Thengul di Stadion Lertjen H Soedirman, performance di agorwisata Belimbing, menyaksikan kesenian tradisional di Kayangan Api oleh peserta 4 negara dengan melakukan ritual keliling api abdi.

Rabu (17/7/2019)
Pukul 08.00 Wib-22.00 Wib dilakukan penanaman pohon di Texas Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Sight Seeing di Batokan dan pagelaran kesenian Sandur di Alun-alun Bojonegoro.

Kamis (18/7/2019)
Pukul 08.00 Wib sampai 21.00 Wib dimulai kegiatan parade semua negara di jalan Mas Tumapel, fto besama dnegan Bupati dan Forpimda di rumah dinas Bupati, serta culture visit di Tirta Ayu Spa dan countri night di hotel.

Leave a Comment