Share

Festival Pasar Dedemit Sedot Pengunjung

Bojonegoro, 10/12 (Media Center) – Festival Pasar Dedemit di wisata desa Waduk Grobogan Desa Bendo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyedot pengunjung. Salah satunya fashionshow dengan kostum aneka ragam dedemit (mahluk halus) seperti Genderuwo, Kuntil Anak, Sundel Bolong.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwisata) Grobogan, Ahmad Sholihudin menjelaskan festival dilaksanakan selama dua hari Sabtu dan Minggu (8-9/12/2018). Hari pertama kegiatan yang digelar adalah bazar, fashionshow dedemit, gamelan tradisional, musik band.

“Malamnya ada Ki Banu Asmoro dan Mbah Jo,” ujarnya.

Sementara pada hari Minggu dilaksanakan lomba mewarnai tingkat TK se Kabupaten Bojonegoro.

“Kegiatan berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

Dijelaskan, nama “Dedemit” dalam festival ini memiliki kepanjangan dari desa membangun indonesia tercinta. Tujuan festival kali pertama ini untuk mengangkat ekonomi masyarakat dengan berdagang makanan lokal.

“Festival ini bekerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro,” kata Ahmad.

Dalam festival juga diserahkan apresiasi penganugrahan pengelolaan wisata desa terbaik 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Amir Syahid mengapresiasi Festival Pasar Dedemit ini. Hal ini sejalan dengan program Bojonegoro Kota Festival.

“Kita harapkan melalui festival-festival akan semakin mengggeliatkan wisata Bojonegoro, dan mengangkat ekonomi masyarakat,” pungkas Amir. (*dwi/mcb)

Leave a Comment